duniaesai.com

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Selamat Datang di Dunia Esai

Di sini anda dapat menemukan referensi berupa esai, artikel, makalah yang telah dikumpulkan dan dikelompokkan ke dalam masing-masing subyek bahasan.
Anda dapat mencari referensi yang dibutuhkan melalui direktori yang ada, atau menggunakan mesin pencari yang kami sediakan. Saat ini Dunia Esai menyediakan lebih dari 450 artikel, esai, dan makalah yang terus diperbarui.

Sosiologi

Menakar Kekerasan Diri Kita

E-mail Print PDF
( 6 Votes )
User Rating: / 6
PoorBest 
Jujur saja, kalimat ”tiga orang tewas tertembak” yang digunakan dalam pemberitaan penyergapan teroris beberapa waktu lalu tak lagi membuat bulu kuduk saya berdiri. Sekalipun secara semantis saya sadar, ”tewas” adalah penanda peristiwa di mana manusia direnggut nyawanya, dirampas kehidupannya dengan cara keras dan paksa, plus sengaja.

Tentu ada kegetiran dan kesedihan pada peristiwa itu. Ada tragedi kemanusiaan. Lebih jelasnya, ada kekerasan yang ironisnya jadi legal atas nama ”terorisme”. Dan, entah kenapa, kita jadi kebal pada derita orang lain. Mengapa? Ini kegelisahan yang mengintip di balik tragedi itu sendiri.

Peristiwa saling bunuh, sebenarnya peristiwa ”biasa” dalam sejarah peradaban manusia. Tentu saja itu...
Read more...

Pembangunan Gerus Kearifan Lokal

E-mail Print PDF
( 18 Votes )
User Rating: / 18
PoorBest 
Pembangunan yang selama ini dilakukan pemerintah cenderung mengejar pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berakibat pada terabaikannya hak-hak masyarakat.

Hak ulayat adat atau kearifan lokal, misalnya, makin tereduksi akibat laju mesin pembangunan yang tak afirmatif. Beberapa proyek pembangunan di Indonesia dapat dijadikan sebagai contoh. Pembangunan jalan trans-Kalimantan yang menghubungkan sejumlah kota besar di pulau itu telah menimbulkan resistensi masyarakat Dayak pedalaman. Masyarakat...
Read more...

Intoleran pada Intoleransi

E-mail Print PDF
( 15 Votes )
User Rating: / 15
PoorBest 
Begitu bercoraknya keragaman budaya bangsa-bangsa di dunia. Namun, ada satu ciri—dari sekurangnya dua—yang memperlihatkan kekhasan atau kecenderungan yang serupa dari sebagian besar bangsa-bangsa itu.

Kekhasan itu terkait kecenderungan dari mereka untuk mempraktikkan dan menghidupi apa yang kita kenal, mungkin tidak secara umum, dengan (per-)adab(-an) daratan atau kontinental.

Dengan memerhatikan secara saksama, kritis, serta terbuka pada bentuk peradaban kontinental ini—dan juga...
Read more...

Persekusi dan Kebebasan Berkeyakinan

E-mail Print PDF
( 13 Votes )
User Rating: / 13
PoorBest 
Dalam bangsa majemuk idealnya kita memang menjadi warga negara yang setara, terutama dalam kebebasan berkeyakinan (equal liberty of conscience).

Kesetaraan ini menjadi prinsip dasar konstitusi kita dan sejumlah peraturan internasional yang sudah diratifikasi. Namun, prinsip itu kerap dilanggar. Ekspresi keyakinan yang plural tidak diberi ruang kebebasan yang setara, tetapi justru diintervensi. Padahal, setiap bentuk intervensi eksternal terhadap keyakinan dapat dikategorikan sebagai...
Read more...

Kemiskinan Bukan Sekadar Angka!

E-mail Print PDF
( 18 Votes )
User Rating: / 18
PoorBest 
Sebagai peneliti dan penekun kajian ilmu-ilmu sosial,saya sungguh prihatin setiap kali ada pejabat negara yang mengklaim— bahkan acapkali melawan nalar publik—bahwa tingkat kemiskinan mengalami penurunan dalam hitungan angka: persentase atau jumlah orang miskin. 

Pemerintah, melalui Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, dengan bangga mengatakan jumlah penduduk miskin menurun dari 32,5 juta jiwa (14,1%) menjadi 31 juta jiwa (13,3%).Namun, bersamaan dengan klaim ini muncul...
Read more...

Page 2 of 9

You are here: Esai Esai Sosiologi