3 Solusi Mengatasi Kredit Mobil yang Macet

Bagi Anda yang ingin memiliki mobil namun merasa keberatan jika harus membayar tunai, maka Anda bisa mengajukan kredit melalui perusahaan pembiayaan. Selain mudah, membeli mobil secara kredit bisa membantu meringankan beban Anda karena bisa mencicilnya secara bertahap setiap bulan. Bahkan, melalui perusahaan pembiayaan tersebut Anda juga berkesempatan mendapatkan promo Xpander Jakarta.


Meski mengajukan kredit mobil bisa meringankan beban Anda, namun terkadang ada suatu hal yang membuat cicilan Anda menjadi macet. Musibah ini tentu bisa terjadi kapan saja tanpa Anda rencanakan. Hal ini pun akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

Cermati.com – “Restrukturasi merupakan sebuah penyusunan kembali sistem kredit dari yang sebelumnya sudah disepakati.”

1.      Lakukan penyusunan ulang atau restrukturisasi


Penyusunan yang diubah bisa meliputi perhitungan suku bunga, tenor pinjaman, dan sebagainya. Dengan adanya penyusunan kembali maka debitur dapat menentukan kembali struktur pinjaman sesuai dengan kondisi keuangannya saat ini.

Hal penting yang perlu diketahui yaitu, restrukturisasi kredit tidak menghapus kredit tetapi hanya penyusunan ulang saja. Selain itu, langkah ini hanya boleh diambil untuk Anda yang benar-benar mengalami masalah keuangan, sehingga tidak lagi mampu membayar cicilan bulanan dengan nominal yang telah disepakati.

2.      Over alih resmi

Over alih atau yang dikenal juga dengan over kredit merupakan proses jual beli aset yang masih dalam status kredit. Setelah transaksi selesai, maka status kepemilikan maupun tanggung jawab pelunasan akan berpindah ke pihak pembeli. Dengan begitu Anda tidak lagi memiliki kewajiban untuk membayar cicilan pada perusahaan pembiayaan.

Proses over kredit ini wajib dilakukan dengan sepengetahuan perusahaan pembiayaan dan asuransi yang digunakan. Tujuannya agar Anda tidak lagi ditagih saat terjadi kredit macet oleh pembeli. Selain itu, agar perlindungan asuransi tetap berlaku meskipun terjadi perpindahan kepemilikan.

3.      Ajukan kredit baru atau refinancing

Refinancing adalah mengajukan kredit baru agar mendapatkan struktur kredit baru yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Kredit baru ini digunakan untuk melunasi utang yang sudah ada dan biasanya memiliki suku bunga lebih rendah dari kredit sebelumnya. Dengan begitu dapat meringankan beban pengeluaran Anda.

Jadi, bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam membayar cicilan kredit, maka cara-cara di atas bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda. Semoga bermanfaat!


Post a Comment

0 Comments