4 Manfaat Memandikan Bayi dan Tips Aman Memandikannya


Memandikan bayi merupakan salah satu aktivitas baru dan asing bagi para ibu yang baru saja melahirkan. Tak jarang kegiatan mendebarkan ini membuat para ibu baru menggunakan jasa untuk memandikan dan menjaga bayinya. Padahal memandikan bayi tidaklah sulit, untuk itu ibu tidak perlu takut lagi untuk mencoba memandikannya.


Tubuh si kecil yang sangat mungil tentu akan bergerak – gerak pada saat dimandikan, apalagi saat sedang mengusapkan sabun. Namun bagi para ibu baru harus sangat berhati- hati untuk memandikannya karena tubuh si kecil yang masih sangat rentan rapuh. Tips bagi ibu baru yakni jangan memandikan bayi setelah memberinya susu atau makan. Tunggulah beberapa menit kemudian sampai perut si kecil dapat menyesuaikan asupan susu yang diminumnya. 

Selain membuat tubuh bersih dan wangi, ternyata mandi juga memiliki manfaat untuk si kecil diantaranya :
  1. Terbebas dari kuman dan kotoran yang membuat gangguan kulit pada si kecil
  2. Mempererat ikatan batin antara ibu dan anak atau biasa disebut dengan bonding
  3. Membuat si kecil merasa lebih segar dan tenang setelah berkeringat seharian
  4. Mengasah panca indra dengan mengajari hal baru saat mandi, misalnya dengan bunyi air mandi.
Bagi ibu baru sangat penting untuk mempelajari cara memandikan bayi agar keamanan dan kenyamanan pada si kecil dapat dirasakannya. Berikut cara untuk memandikan bayi bagi ibu baru :
  1. Siapkan bak atau baby bather yang merupakan ember mandi untuk si kecil yang terbuat dari besi dan dilapisi kayu sebagai alas.
  2. Isi bak atau baby bather dengan air hangat. Pastikan bahwa air yang digunakan tidak terlalu dingin ataupun terlalu hangat. Ibu dapat mencelupkan tangan terlebih dahulu untuk memastikan air dalam kondisi hangat untuk memandikan bayi.
  3.  Tidurkan bayi pada handuk atau alas ganti dan buka pakaian dengan hati – hati
  4. Ibu dapat menggunakan satu lengan dan lengan untuk menopang bagian tubuh dan kepala. Lalu menyangga tubuh bagian bawah dengan tangan lain untuk mulai menempatkan si kecil dalam air
  5. Mulailah dengan membersihkan bagian kelopak mata bayi dari dalam keluar. Kemudian anggota tubuh lain yaitu telinga, hidung, wajah dan tubuh. Untuk mengusapnya dapat menggunakan kain katun yang lembut atau kapas yang telah dicelupkan dalam air hangat terlebih dahulu.
  6. Jangan lupa untuk menjaga posisi kepala si kecil tetap berada di bagian permukaan air dan satu tangan menyangga bagian punggung dan kepala si kecil saat sedang membersihkan bagian tubuh yang lain.
  7. Bersihkan bagian belakang leher, belakang telinga, ketiak, dan kelamin dengan menggunakan sabun. Gunakan sabun sedikit demi sedikit agar kulit si kecil tidak menjadi kering.
  8.  Mulai mengguyur bagian kepala dan seluruh tubuh dengan perlahan menggunakan gayung
  9. Seka seluruh tubuh si kecil dengan menggunakan waslap bersih
  10. Angkat tubuh si kecil secara perlahan dan letakkan di atas perlak yang dialasi handuk. Kemudian keringkan seluruh bagian tubuh
Saat memandikannya, ibu juga dapat sembari mengajak si kecil berbicara, menyanyikan lagu dan memijatnya sehingga kedekatan akan semakin terasa. Bagi ibu baru perlu mengetahui beberapa hal penting saat memandikan si kecil yaitu jangan meninggalkan bayi di dalam bak mandinya untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan, siapkan semua peralatan yang akan digunakan untuk mandi si kecil dan  selalu berhati – hati saat memandikan. Yuk bagi para ibu baru belajar memandikan si kecil tanpa rasa takut dan dengan penuh kasih sayang!.

Post a Comment

0 Comments