Pengertian Rumah Adat

 rumah ialah aktualisasi diri yang diejawantahkan dalam format kreativitas dan proteksi m Pengertian Rumah Adat

Pengertian Rumah Adat - Budihardjo (1994:57) rumah ialah aktualisasi diri yang diejawantahkan dalam format kreativitas dan proteksi makna untuk kehidupan penghuninya. Selain tersebut rumah ialah cerminan diri, yang dinamakan Pedro Arrupe sebagai ”Status Conferring Function”, kesuksesan seseorang terlukis dari lokasi tinggal dan lingkungan lokasi huniannya.

Pengertian Rumah Adat

Rumah Adat ialah bangunan yang mempunyai cirikhas khusus, digunakan untuk lokasi hunian oleh sebuah suku bangsa tertentu.Rumah adat adalahsalah satu representasi kebudayaan yang sangat tinggi dalam suatu komunitas suku/masyarakat. Keberadaan lokasi tinggal adat di Indonesia sangat pelbagai dan mempunyai makna yang urgen dalam perspektif sejarah, warisan, dan peradaban masyarakat dalam suatu peradaban.

Pengertian Rumah Adat

Rumah-rumah adat di indonesia mempunyai format dan arsitektur masing-masing wilayah sesuai dengan kebiasaan adat lokal. Rumah adat pada lazimnya dihiasi ukiran-ukiran indah, pada jaman dulu, lokasi tinggal adat yang terlihat paling estetis biasa dipunyai para family kerajaan atau ketua adat setempat menggunakan kayu-kayu opsi dan pengerjaannya dilaksanakan secara tradisional melibatkan tenaga berpengalaman dibidangnya, Banyak rumah-rumah adat yang dikala ini masih berdiri kokoh dan sengaja dijaga dan dilestarikan sebagai simbol kebiasaan Indonesia.

Post a Comment

0 Comments